Monday, December 22, 2014

Ibu dan Investasi Saham



Di era teknologi yang semakin canggih ini, berinvestasi saham di pasar modal tidak sesulit beberapa waktu yang lalu. Para nasabah mempunyai pilihan melakukan online trading selain melalui sales broker sekuritas. Di manapun, selama jam kerja Bursa Efek Indonesia berlangsung, transaksi bisa dilakukan. Mencari data perusahaan tbk. atau emiten yang sahamnya ingin dibeli pun juga cukup datang ke klik http://www.idx.co.id (bandingkan dengan 10 tahun yang lalu dimana kita harus berlangganan koran, melakukan kliping atau pergi ke Pusat Referensi Pasar Modal ("PRPM") untuk mendapatkan copy dari laporan tahunan (annual report) atau laporan keuangan kuartal dari emiten tersebut.
Selain itu, para nasabah juga bisa mencari berita terkini melalui koran berita online seperti http://www.bisnis.com/, http://www.investor.co.id/, http://www.kontan.co.id/, http://www.bareksa.com/.

Kemudahan berinvestasi saham di pasar modal tersebut dapat menjadi salah satu alternatif bagi para ibu yang dihadapkan di dalam suatu kondisi dimana mereka harus berhenti bekerja demi mengurus anak-anak tetapi di samping itu mereka juga masih ingin memiliki kegiatan yang bisa dilakukan secara flexible. Bagi para ibu yang masih awam memang membutuhkan waktu persiapan untuk menjadi investor atau trader pasar modal, seperti pengetahuan pasar modal yang cukup termasuk pengetahuan mengenai analisis fundamental dan teknikal untuk keperluan pemilihan saham yang baik, dan juga membaca perkembangan berita pasar modal khususnya berita dan pengumuman emiten. Pengetahuan tersebut dapat didapatkan melalui otodidak atau mengikuti training baik yang berbayar maupun tidak berbayar.

Apabila semakin hari semakin banyak ibu yang terjun berinvestasi saham di pasar modal, bayangkan betapa kuatnya pasar modal Indonesia nantinya. Para ibu tidak melulu mengurus anak dan keluarga di rumah tetapi juga menjadi ibu plus plus pengetahuan pasar modal. Bisa jadi nanti di setiap arisan, para ibu juga akan membahas mengenai saham apa saja yang sedang uptrend dan berfundamental bagus sehingga bisa untuk trading atau investasi jangka panjang atau untuk tabungan pendidikan anak. Para bapak pasti senang apabila istri mereka bisa berinvestasi di pasar modal untuk mendukung perekonomian keluarga.

Dalam kesempatan ini Saham Ibu ingin mengucapkan Selamat Hari Ibu bagi seluruh perempuan Indonesia. Semoga semakin banyak Ibu yang mengenal dunia pasar modal dan mau berinvestasi saham yang berfundamental baik. 

Jakarta, 22 Desember 2014
Saham Ibu

1 comment:

  1. Setuju banget mba, semoga para ibu mulai melek investasi saham ya :)

    ReplyDelete