Friday, August 22, 2014

Belajar Untung dari Pasar Saham

Judul Resensi: Belajar Untung dari Pasar Saham
Judul Buku: Jurus CUAN Investasi Saham
Penulis: Desmond Wira
Penerbit: Exceed
Cetakan: I, Agustus 2014
Tebal: XIV + 218 halaman, 14x21cm
ISBN: 978-602-18887-3-5



Belajar Untung dari Pasar Saham

Buku Jurus CUAN Investasi Saham ini (selanjutnya akan disebut "Buku ini") adalah edisi ketiga sekaligus revisi kedua dari buku Jurus CUAN Investasi Saham edisi pertama. Pada halaman awal kata pengantar, penulis menjelaskan alasan mengapa buku ini sampai mengalami revisi edisi ketiga. Sepanjang pengetahuan Saham Ibu, Buku ini selalu menjadi Best Seller dan agak sulit ditemukan di toko buku sampai ada edisi pembaharuan. Adapun tujuan Penulis membuat Buku ini adalah untuk menjelaskan berbagai strategi, tips dan trik untuk memaksimalkan keuntungan di pasar saham. Dalam Buku ini, Penulis  juga memperkenalkan strategi jurus CUAN (yaitu CONTROL, UNBIASED, ANALYZE, dan NIMBLE).

Walaupun Saham Ibu belum pernah membaca Buku ini pada saat menulis Reksadana Saham Gerbang Belajar Investasi Saham, namun ternyata Saham Ibu menemukan cara berpikir yang sama dengan Penulis Buku ini. Yaitu membandingkan investasi di Reksadana Saham dengan investasi saham di Pasar Modal. Hal ini dibahas oleh Penulis pada halaman awal Buku ini yaitu Bagian 1 berjudul Control. Kemudian Penulis mengajak pembaca untuk mengenal apa itu transaksi saham, cara memilih sekuritas yang baik, kemudian mengetahui tujuan pembaca dalam melakukan investasi saham: menjadi investor jangka panjang atau menjadi trader. Tidak hanya sekedar teori namun juga praktek, strategi dan rahasia di dunia Pasar Modal Indonesia yang hanya dapat diketahui apabila seseorang memang sudah berpengalaman lama di dunia Pasar Modal Indonesia, berikut jatuh bangun dan pahit manisnya. Seperti contoh strategi pada berbagai kondisi pasar, tips membeli saham IPO, cara menentukan pembelian saham, dll.

Kemudian pada Bagian 2 Buku ini yang berjudul Unbiased, Penulis membahas mengenai faktor psikologi dan emosi. Penulis menjelaskan cara membangun emosi dan karakter yang baik dalam menghadapi Pasar Modal dan mengambil keputusan kapan harus beli saham dan kapan harus jual saham. Termasuk membangun kepercayaan diri. Menarik karena hampir semua yang terjun di dunia Pasar Modal termasuk juga Saham Ibu pernah mengalami hal seperti yang ditulis dalam Bagian 2 Buku ini. Maka dari itu faktor psikologi dalam menghadapi pasar saham sangatlah penting.  

Bagian 3 Buku ini yang berjudul Analyze merupakan bagian terpenting yang harus dipahami oleh setiap orang yang ingin melakukan investasi saham, baik investasi jangka panjang maupun trading, yaitu Analisis Saham. Dalam Bagian ini, Penulis menjelaskan jenis Analisis Saham yaitu Analisis Fundamental dan Analisis Teknikal.. Tidak seperti buku pengantar investasi saham untuk pemula lainnya, Buku ini menjelaskan jenis-jenis dari Analisis Fundamental termasuk juga cara membaca Laporan Keuangan. Buku ini juga menjelaskan jenis pola pergerakan saham dari Analisis Tehnikal yang simple yang mudah dan biasa digunakan untuk pemula seperti Moving Average (MA), Relative Strength Index (RSI), Moving Average Convergence/Divergence (MACD) dan Stochastic Oscillator. Ini sangat penting agar pembaca yang baru mengenal Pasar Modal dan ingin belajar mendapatkan keuntungan di pasar saham bisa menentukan langkah dan tujuan, apakah ingin menjadi investor jangka panjang atau ingin menjadi trader.

Bagian terakhir adalah Bagian 4 yang berjudul Nimble, dimana Penulis menjelaskan Market Timing untuk Investasi atau Trading, termasuk mengenai Buy on Rumor & Sell on News. Tentunya bagian ini ditulis berdasarkan pengalaman Penulis selama berkecimpung di dunia Pasar Modal Indonesia dan tidak hanya berdasarkan teori berdasarkan praktek di Pasar Modal Indonesia dan juga negara-negara lain

Saham Ibu melihat selama ini banyak orang berpendapat bahwa investasi saham itu tidak jelas dan termasuk main judi, bahkan ada yang takut merugi atau uangnya "hilang". Namun Saham Ibu berpendapat setelah orang tersebut membaca Buku ini, anggapan tersebut akan hilang dan malah bersemangat untuk mendaftarkan diri menjadi nasabah di Sekuritas. Bahasa Buku ini yang mudah dicerna dan dipahami oleh orang awam yang masih pemula akan memudahkan orang untuk mengerti Dunia Pasar Saham Indonesia berikut cara bertransaksi saham. 

Tentunya dengan pengetahuan pasar saham yang cukup baik, orang tidak akan takut lagi berinvestasi di Pasar Modal Indonesia. Maka dapat dikatakan Buku ini adalah pengantar dasar yang tepat bagi yang ingin belajar investasi saham di Pasar Modal Indonesia dengan baik dan untung. Tepat kiranya apabila Penulis memberikan judul Buku ini Jurus CUAN Investasi Saham, seperti yang dipaparkan Penulis di cover belakang Buku ini: CUAN (Control Unbiased Analyze Nimble). 


Jakarta, 22 Agustus 2014

Saham Ibu
FB: https://www.facebook.com/sahamibu?ref=hl

 --------------------------

DAFTAR ISI 

BAGIAN 1: CONTROL
Reksadana Atau Transaksi Sendiri
Reksadana
Transaksi Saham Sendiri
Memilih Sekuritas
Tipe Investor Apakah Anda?
Menjadi Investor Jangka Panjang
Menjadi Trader
Cash Flow Management Is The Key
Dividen Vs Capital Gain
Strategi Investor Ritel
Buy Low – Sell High
Buy High – Sell Higher
Sell High – Buy Low
Investasi Dengan Cara Mencicil
Karakter Tiap Saham Berbeda
Saham Pemenang Dan Pecundang
Jika Harga Saham Anda Turun
Strategi Untuk Para Nyangkuters
Strategi Pada Berbagai Kondisi Pasar
Strategi Saat Pasar Saham Crash
Strategi Day Trader Dan Scalper
Trading Saham Gorengan
Membeli Saham IPO
Averaging Down Vs Averaging Up
Diversifikasi
Fokus Pada Beberapa Saham Saja
Hanya Berinvestasi Pada Saham Yang Anda Tahu Betul
Tentukan Target 
Selalu Tetapkan Stop Loss
Cut Loss
Trailing Stop
Fleksibel

BAGIAN 2: UNBIASED
Menyeimbangkan Emosi
Kesabaran
Percaya Pada Diri Sendiri
Jangan Pernah Menyesal Berlebihan
Hindari Overtrading
Hati-hati Dengan Bisikan Orang Lain
Jangan Jatuh Cinta Pada Saham Tertentu
Menjaga Mood

BAGIAN 3: ANALYZE
Teliti Sebelum Membeli 
Jenis Analisis Saham 
Analisis Fundamental 
Analisis Makro Ekonomi
Analisis Sektoral
Analisis Mikro Perusahaan
Waspadai Aksi Korporasi
Membaca Laporan Keuangan
Analisis Teknikal
Jenis Chart 
Teori Eliott Wave 
Support Dan Resistance
Trend Line 
Pola-Pola Pergerakan Saham
Moving Average 
RSI (Relative Strength Index)
MACD    (Moving Average Convergence/Divergence) 
Stochastic Oscillator
Alligator
Volume
Candlestick Chart
Kelemahan Analisis Fundamental Dan Teknikal 
Menggabungkan Analisis Fundamental Dan Teknikal
Terus Belajar

BAGIAN 4: NIMBLE
Market Timing Untuk Investasi
Market Timing Untuk Trading
Sediakan Kalender 
Menghadapi Hari-Hari Khusus 
Buy On The Rumor – Sell On The News
Discounted The News
Waspadai Pasar Global 
Butterfly Effect
Never Fight The Fed
Sejarah Selalu Berulang 
Fenomena Kodok Rebus

Penutup

Lampiran
Sekilas Tentang BEI
Aturan-Aturan BEI
Daftar Broker Online Trading

-------------------

Saham Ibu membantu Pemesanan Buku Jurus CUAN Investasi Saham karangan Desmond Wira ini dengan diskon 20% dari harga resmi Rp. 99.000/buku di toko-toko buku (belum termasuk biaya kirim tiki jne. 

Cara pemesanan: infokan judul buku, nama, alamat, no telepon yang bisa dihubungi ke Email: mypdian@gmail.com 

Saham Ibu akan memberikan info total pembayaran & biaya kirim serta no rekening untuk pembayaran.

Buku Jurus Cuan Investasi Saham ini sudah tersedia di rak buku perpustakaan Indonesian Capital Market Electronic Library di gedung Bursa Efek Indoensia Tower II. 

No comments:

Post a Comment