Friday, July 18, 2014

Pertama

Akhirnya pertama juga...

Mulai hari ini, 18 Juli 2014, 1 bulan sebelum Abhi berusia 2,5 tahun, saya mencoba mendisiplinkan diri untuk membuat semua catatan tentang pergerakan saham emiten Indonesia yang biasa di-posting di FB dan sekarang di blog.Supaya record-nya rapi. Bisa sih sebenarnya di Note-nya FB, tapi lebih seru di blogger, semua orang bisa baca.

Ngeblog lagi...kali ini ngeblog tentang saham...

Hari ini dimulai dengan berita yang menyedihkan. Tengah malam kala terbangun karena harus membuatkan Abhi susu, di timeline teman beberapa sudah menuliskan tentang MH 17. Wah apalagi nich dengan MAS?


Namun kejadian itu ternyata tidak menggoyahkan ekonomi Indonesia. Hari ini IHSG ditutup menguat 0,3% dari harga sehari sebelumnya yaitu 5087 dan begitu juga Rupiah yang saat ini diperdagangkan Rp. 11.650/US$. Mungkin karena bursa saham AS & Eropa terguncang.




Hari ini saya memilih melepas saham yang fundamentalnya cukup bagus yaitu BTPN (beli 4050 [11/07] jual  4165 [18/07]) dan juga MAIN (beli 2950 jual 3165) yang sudah saya pegang berminggu-minggu di posisi minus. Yang penting tidak rugi walaupun tidak untung banyak juga. 


Salah satu acuan saya dalam melakukan pemilihan investasi dan trading saham adalah matriks dari Mandiri Sekuritas yang hampir tiap minggu dibagikan ke para investor melalui Mandiri_Investor_Club@yahoogroups.com. 
Cukup bikin happy. 

Jadi trader saham katanya gak boleh greedy lho. Untuk suasana menjelang pengumuman pilpres 22 Juli nanti saya memilih tek tok trading aja deh dengan catatan kalo kondisi portfolio tidak merah ya (kalau merah terus ya jadi investor terus aja). Jadi apabila posisi kalau sudah untung, saya memilih untuk jual aja. Kalau masih merah ya jangan dijual sahamnya.

Sengaja blog ini diberi judul Saham Ibu karena memang diharapkan pembacanya adalah ibu-ibu...Mudah-mudah bisa memberikan motivasi kepada para ibu untuk mulai berani berinvestasi saham bagi yang belum pernah mencoba dan bisa bertukar ilmu bagi para ibu yang sudah berinvestasi saham. 

Sebagai seorang Indonesian Corporate Lawyer, sangat menyenangkan bisa serius terjun di dunia saham karena bisa dengan mudah memadukan ilmu hukum pasar modal dengan ilmu investasi saham. Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Sekali membaca segala berita aksi korporasi emiten Indonesia, sekalian memperbaharui ilmu hukum korporasi juga. 

Dan saya juga bisa terus mewujudkan Abhimanyu Investment Indonesia.

Ehm...bapak-bapak juga boleh baca lho!

Semoga bermanfaat!

Jakarta, 18 Juli 2014


2 comments:

  1. Sampai skrng sy msh belum ngerti2 lho bu,mgkin minat untuk belajar kurang jadinya belum tahu.

    ReplyDelete
  2. coba baca yang ini Pak...

    http://www.terusbelajarsaham.blogspot.com/p/kurikulum.html

    dan yang ini...

    http://analisa-hargawajar-saham.blogspot.com/2012/04/artikel-ini-yang-bikin-saya-ninggalin.html

    ReplyDelete